Fungsi Hidrogel Untuk Media Tanaman & Cara Menanam Menggunakan Hidrogel
28 September 2022 2:45 pm

Fungsi Hidrogel Untuk Media Tanaman & Cara Menanam Menggunakan Hidrogel

Fungsi Hidrogel Untuk Media Tanaman & Cara Menanam Menggunakan Hidrogel
Hidrogel merupakan kristal polimer yang berfungsi menyerap dan menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. Hidrogel dapat terurai melalui pembusukan oleh mikroba sehingga produk ini aman digunakan. Hidrogel tidak larut dalam air tetapi dia hanya menyerap dan akan melepaskan air dan nutrisi secara proporsional pada saat dibutuhkan oleh tanaman. Dengan demikian tanaman akan selalu mempunyai persediaan air dan nutrisi setiap saat karena hidrogel berfungsi menyerap dan melepaskan. Hidrogel mampu menyerap air sebanyak 500 kali berat hidrogel itu sendiri. Selain tampak indah, butiran hidrogel yang lebih mirip kristal sering mengecoh siapa saja yang baru melihatnya. Hidrogel juga menarik karena warnanya yang memantul seperti cristal. Tersedia berbagai warna : Merah, Pink, Ungu, Biru, Hijau, Kuning, Hitam, Orange dan Putih Bening. Selain dipakai untuk media tanam pengganti tanah, HIDROGEL juga berfungsi sebagai media dekorasi bahkan, dengan perlakuan khusus bisa sebagai pengharum ruangan/aroma therapy serta membantu mengurangi udara kering pada ruang ber-AC.
Hydrogel berfungsi sebagai pengganti tanah pada tanaman. Tidak lagi menggunakan kerikil, pasir, zeolit dll, tapi kini bertanam hidroponik sudah menggunakan hidrogel sebagai media tanamnya. Selain terlihat lebih indah, menanam dengan menggunakan hidrogel memiliki perawatan yang lebih mudah. Kalau tanaman sudah mampu beradaptasi dengan baik, kita cukup menyemprotnya satu sampai dua bulan sekali saja. Hidrogel, produk ramah lingkungan ini merupakan kristal polimer yang berfungsi menyerap dan menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. Hidrogel dapat terurai melalui pembusukan oleh mikroba sehingga produk ini aman digunakan.
Hidrogel tidak larut dalam air tetapi dia hanya menyerap dan akan melepaskan air dan nutrisi secara proporsional pada saat dibutuhkan oleh tanaman. Dengan demikian tanaman akan selalu mempunyai persediaan air dan nutrisi setiap saat karena hidrogel berfungsi menyerap dan melepaskan (absorption - release cycles). Hidrogel mampu menyerap air sebanyak 500 kali berat hidrogel itu sendiri. Hidrogel bisa dibeli disini.


Keuntungan menggunakan hidrogel : • Memastikan keteresediaan air sepanjang tahun. • Mengurangi ferekuensi penyiraman / irigasi hingga 50%. • Mengurangi hilangnya air dan nutrient disebabkan oleh leaching dan evaporasi. • Memperbaiki physical properties dari compact soils dengan membentuk aerasi udara yang baik. • Meningkatkan pertumbuhan tanaman karena air dan nutrient selalu tersedia di sekitar tanaman sehingga mengoptimalkan penyerapan oleh akar. • Mengurangi angka mortalitas. • Mengurangi pencemaran lingkungan dari erosi dan pencemaran air tanah. • terurai secara alami oleh mikroba menjadi H2O, CO2, dan komponen Nitrogen.
* Tidak semua tanaman dapat tumbuh dengan baik di dalam hydrogel. Ciri-ciri tanaman yang dapat tumbuh adalah tanaman yang mempunyai sifat tahan kadar air berlebih, tahan kelembaban tinggi, tidak berkayu, tanaman dalam ruang, umumnya tidak berbunga. Hidrogel juga bisa ditanami sayuran seperti selada dan caisim. Tanaman tersebut ditumbuhkan dahulu di arang sekam sampai berumur sebulan sebelum dipindah ke dalam hidrogel.
Jenis tanaman yang cocok memakai hidrogel ; • Aglaonema; Srirejeki, Pride of Sumatra, Lady Valentine dll. • Senseviera; Lidah Mertua, Lorentii, Masonia dll. • Anthorium; Gelombang cinta, Hookery, Kuping gajah dll. • Phylodendron; Honeylemon, Mercy, phylo Katak dll • Jenis Bambu; Bambu kuning Mini, Bambu Jepang dll. • Jenis sirih; Sirih Merah, Sirih Belanda dll. • Jenis tanaman paku • Serta tanaman yang suka kelembaban tinggi.

Dapat disimpulkan bahwa tanaman dengan ciri berikut adalah cocok menggunakan media tanam hidrogel • Batang/pohon tidak berkayu. • Tidak memerlukan sinar matahari langsung/sinar dengan kadar tinggi. • Tahan terhadap kelembaban tinggi. • Umumnya tanaman tidak berbunga dan berbuah.

Cara Menanam Tanaman Menggunakan Hidrogel

  1. Siapkan tanaman yang ingin Anda tanam menggunakan hidrogel.
  2. Siramlah tanaman sehingga memudahkan untuk mencabutnya. Cabut tanaman dari pot dengan hati-hati, perhatikan bagian akarnya jangan sampai ada yang rusak atau terputus.
  3. Bersihkan akar tanaman dengan cara merendam agar tanaman selama beberapa menit agar akar tanaman benar-benar bersih dari tanah.
  4. Cucilah semua bagian tanaman mulai dari akar, batang dan daun dengan air bersih karena tanah yang tersisa dapat membuat hidrogel rusak.
  5. Simpanlah tanaman ke dalam wadah yang telah berisi air semalaman. Langkah ini berguna untuk membiasakan dan melatih tanaman hidup pada tingkat kadar air yang tinggi.
  6. Siapkan hidrogel dengan masukkan ke dalam wadah yang telah diisi air sebanyak 1 liter (suhu normal). Gunakanlah air yang sudah matang agar hidrogel tetap steril.
  7. Biarkan selama 4 jam hingga hidrogel mengembang dengan sendirinya dengan mengaduk-aduk terlebih dahulu agar warnanya merata.
  8. Setelah hidrogel mengembang dengan cukup baik maka tiriskan dan bilas dengan air bersih.
  9. Hidrogel telah siap untuk dimasukkan kedalam vas kaca transparan atau pot.
  10. Masukkan sebagian hidrogel (1/4 dari volume vas yang digunakan). Masukkan tanaman kedalam vas secara perlahan dan hati-hati. Kemudian masukkan sisa hidrogel yang tadi ke dalam vas kaca hingga penuh dan menutupi semua akar-akar tanaman.
  11. Vas kaca yang telah berisi tanaman dan hidrogel sudah siap diletakkan di ruang tamu atau ditempat lain sesuai keinginan Anda.
Blog Post Lainnya