Bayam Brazil Yang Banyak Manfaatnya
17 Juni 2022 2:48 pm

Bayam Brazil Yang Banyak Manfaatnya

Bayam Brazil Yang Banyak Manfaatnya
Tentu kita semua tahu tentang tanaman bayam, tanaman yang satu ini sudah menjadi sayuran favorit masyarakat luas. Harganya yang murah dan mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan menjadikannya sayuran ini digandrungi oleh masyarakat di semua kalangan.

Ada banyak jenis bayam yang tersebar diseluruh dunia. Salah satunya adalah bayam brazil (Brazilian Spinach) yang berasal dari negara Brazil dikenal sebagai sayuran sumber protein tinggi. Tanaman ini mempunyai nama lain Altehernanthera sissoo merupakan species sayuran yang berasal dari Brazil dan Amerika Selatan, tanaman ini termasuk dalam famili Amaranthaceae.

Tinggi tanaman bisa mencapai 50 cm. Untuk memperbanyak tanaman ini bisa dengan stek batang, tanaman ini sangat toleran terhadap berbagai kondisi pH tanah. Bayam brazil adalah sayuran daun yang tumbuh rendah, posturnya tidak meninggi dan cenderung membentuk bulatan yang rapih. Warna daunnya hijau muda hingga hijau tua bundar dan berkerut. Bunganya signifikan, kecil dan putih.

Tanaman ini cocok untuk daerah tropis dan sub tropis. Tanaman ini cukup toleran dengan genangan air, mudah tumbuh dan mudah dibudidayakan sebagai tanaman hias maupun tanaman konsumsi. Kelebihan lain tidak banyak hama yang menyerang sehingga prosentase gagal panen sangat kecil.

Pertumbuhan bayam brazil sangat cepat, dari mulai bibit asal stek batang dapat dipanen pada umur 30 hari, tekstur bayam brazil lebih renyah. Waktu tanam yang paling baik adalah saat musim hujan, terutama jika penanamannya di halaman atau di pot/polibag secara konvensional. Penanaman secara hidroponik bisa kapanpun dilakukan. Untuk anda yang ingin menanam bayam brazil bibitnya bisa di beli disini.

Masyarakat Brazil biasa memakan bayam secara mentah sebagai salad dicampur tomat, bawang putih, minyak dan cuka. Sampai saat ini bayam brazil masih kurang dikenal di Indonesi, padahal sayuran ini merupakan sayuran yang berkhasiat. Bayam Brazil dikenal sebagai sumber protein tinggi, hal ini akan cocok dengan masyarakat Indonesia yang menjadikan bayam sebagai sayuran favorit. Mengkonsumsinmya setiap hari diklaim dapat menjaga tubuh dari berbagai jenis penyakit berbahaya, mulai dari stroke, gangguan otak, hingga jantung.

Selama ini bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang penting bagi kesehatan otak. Kandungan mineral seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan aktioksidan yang dimilikinya dapat membantu mencegah fungsi neuronal dan kognitif otak.
Untuk Bayam Brazil beberapa kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dapat disampaikan bahwa dalam 100 gram  mengandung :
1. Karoten 7-8 mg,
2. Vitamin C 60-120 mg,
3. Ferrum 4-9 mg,
4. Kalsium 300-450 mg
5. Zat Besi
6. Serat
Mengkonsumsi bayam setiap hari dapat memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

Manfaat kandungan mineral dan vitamin Bayam Brazil antara lain: 


1. Membantu Melawan Kanker

Flavonoid dapat mengurangi resiko kanker hingga 34 persen dan menghambat perkembangan sel kanker, kandungan ini membuat beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara, dan kanker rahim tidak dapat melakukan pembelahan sel di dalam tubuh.

2. Memperkuat Tulang


Manfaat bayam Brazil selanjutnya adalah bisa memperkuat tulang. Hal ini karena sayuran hijau seperti bayam Brazil memiliki kandungan mineral penting, yaitu:
  • Magnesium
  • Seng
  • Fosfor
  • Tembaga
Kandungan mineral ini mampu menjaga kesehatan tulang dengan menjaga tulang tetap kuat.Fosfor juga dikenal mampu menjaga kelenturan tulang, sehingga tidak hanya keras, tulang juga dapat terhindar dari patah tulang.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Dengan kandungan vitamin A dan C, manfaat bayam Brazil juga termasuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain baik untuk mata, vitamin A juga berfungsi sebagai salah satu komponen proliferasi limfosit, atau sel darah putih. Sel darah putih merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh, yang mampu melawan penyakit atau infeksi yang menyerang tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terlindungi dari berbagai jenis penyakit.

4. Menjaga Sistem Pencernaan


Menjaga kesehatan sistem pencernaan juga termasuk salah satu manfaat bayam Brazil. Hal ini karena bayam Brazil memiliki kandungan serat, yang bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, kandungan vitamin A dan C juga bisa melindungi usus besar dan juga saluran pencernaan. Agar terhindar dari radikal bebas yang sangat berbahaya dan sering menyerang tubuh.

5. Membantu Kesehatan Mata


Kandungan asam folat dapat melancarkan peredaran darah. Kandungan lain pada bayam adalah beta karoten, xanten dan lutein. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga mata agar senantiasa sehat. Selain itu mengkonsumsi bayam secara rutin juga mencegah peradangan dan iritasi mata.

6. Melancarkan Peredaran Darah


Ketika peredaran darah terhambat, maka akan timbul berbagai jenis penyakit karena terganggunya aliran darah ke beberapa organ tubuh. Kandungan asam folat pada bayam Brazil bisa mengatasinya. Asam folat dalam bayam dapat membuat pembuluh darah lebih elastis, sehingga aliran darah tidak terhambat.

7. Mencegah Anemia


Bayam Brazil terkenal dengan kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya.Mengonsumsi sayuran ini sangat dianjurkan bagi sebagian orang yang memiliki masalah dengan anemia atau kekurangan sel darah merah. Kandungan zat besi dalam bayam dapat membantu proses pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit


Kandungan vitamin C dalam bayam Brazil dapat bermanfaat untuk mencegah masalah kerutan wajah yang diakibatkan karena penuaan dini.Vitamin C juga dapat membantu kulit tetap sehat, halus, dan cerah.

Nah itu tadi beberapa manfaat dari bayam brazil, semoga bermanfaat.
Blog Post Lainnya